Kimia Murni atau Kimia Sains?

Assalamualaikum teman-teman semuanya. Kali ini saya ingin membahas tentang penamaan kimia di dunia universitas. Mungkin banyak yang bilang dua nama kimia pada judul artikel ini yaitu kimia murni dan kimia sains “dianggap” sama saja. Ketika ada orang bertanya, “Sedang kuliah di jurusan apa?” Pasti si mahasiswa jurusan kimia tersebut bilang, “kimia pak/bu". Selanjutnya orang tersebut bertanya kembali, “kimia murni atau teknik kimia?” dan si mahasiswa menjawab, “kimia murni pak/bu, kimia mipa”.


Kimia Sains
Chemistry
(Source:sciencespot.net)
Salahkan sebenarnya kalau kita menyebut kimia murni? Atau yang lebih baik kimia sains? Mari kita bahas nama kimia ini dari sudut pandang opini saya pribadi. Dan mungkin tidak terlalu penting membahas seperti ini, tapi maksud saya adalah memberikan pandangan-pandangan tentang dunia kimia mulai dari “nama”-nya.

Ketika kita menyebut jurusan kimia fakultas MIPA dengan nama kimia murni, kalau kita pikir-pikir lagi bahwa dalam ilmu kimia tersebut tidak juga “murni”. Dalam jurusan kimia, kita tidak hanya mempelajari “kimia” itu sendiri melainkan juga harus didukung dengan bidang ilmu lainnya, seperti fisika, biologi, dan matematika. Untuk mempelajari ilmu kimia secara mendalam maka beberapa bidang ilmu lainnya juga harus kita pelajari sebagai pendukung untuk benar-benar memahami ilmu kimia tersebut. Seperti artikel yang telah saya tulis (dapat teman-teman baca di link ini) bahwa kimia itu juga luas cakupan ilmunya. Dengan beberapa alasan tersebut mungkin tidak bijak jika kita memberikan nama kimia dengan “kimia murni”. Oleh karena itu, lebih bijak kita menyebut jurusan kimia fakultas MIPA dengan nama kimia sains, kenapa? Karena keluasan cakupan ilmu dari kimia tersebut.

Oke, sekarang saya mengajak teman-teman semua untuk menyebut kimia MIPA dengan nama kimia sains. Lebih keren juga kan bila disebut Kimia Sains dari pada kimia murni J.

Salam Smart,

5 komentar

ane baru tahu sob ada dua jenis kimia

Reply

Kimia pd dasarnya hanya ada 1, kemudian dikelompokkan menjadi 2 yaitu teknik dan mipa, untuk mipa itu orang ad yg mnyebut dg kimia sains dan kimia murni, dan sy bropini lbh baik mnyebut kimia sains sesuai pnjelasan saya pd artikel ini
Terima kasih atas kunjungannya :)

Reply

boleh tau apa aja merode penelitian dalam bidang ilmu kimia (organik, anorganik, biokim, analitik). ?????
makasi sebelumnya

Reply

Maaf yang dimaksud metode penelitian atau contoh penelitian? kalau metode penelitian saya pikir sangat beragam karena ditentukan oleh masing2 peneliti, tujuannya satu yaitu bagaimana menghasilkan hasil penelitian yang diharapkan. Dalam satu bidang saja akan terdapat berbagai macam jenis penelitian dan itu juga memiliki method penelitian masing-masing.
Demikian yang bisa saya berikan. Terima Kasih atas kunjungannya :)

Reply

Ada dua lagi tambahannya yakni mereka yang belajar kimia di jalur profesi keguruan : pendidikan kimia dan pendidikan teknik kimia.

Jadi belajr kimia di jenjang S1 ada 4:
1. Kimia Sains / Kimia Murni (Gelar S.Si., , dahulunya Drs./Dra.)
2. Teknik Kimia (Gelar S.T., dahulu Ir.)
3. Pendidikan Kimia (Gelar S.Pd., dahulunya Drs./Dra.)
4. Pendidikan Teknik Kimia (Gelar S.Pd., dahulunya Drs./Dra.)

Salam KIMIA!

Reply

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungan dan Komentar Anda