Tips Memilih Progam Studi Kuliah

Memilih+Jurusan+Kuliah
Hai teman-teman SMA semua. Bagi yang mau meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu perguruan negeri ataupun swasta saya akan memberikan sedikit info dan tips agar apa yang kita perjuangan dapat berbuah hasil yang baik. Tidak mudah mungkin memilih program studi mana yang sesuai dengan kita, dimana sekarang banyak sekali cabang-cabang ilmu pengetahuan yang semakin berkembang. Tentu dituntut suatu kejelian melihat prospek ke depan dengan suatu prodi tersebut. Menurut saya ada beberapa hal yang patut kita perhatikan dalam memilih program studi jenjang perguruan tinggi, antara lain:
1. Pilih sesuai hati nurani Anda
Saya rasa ini paling penting, sebab sesuatu yang dilakukan dengan rasa suka otomatis akan membawa pada keikhlasan hati. Dengan keikhlasan hati maka akan timbul energy positif yang terus membangun diri kita untuk terus maju. Apapun kendalanya apabila kita ikhlas maka kita akan selalu berpikir kendala itu adalah suatu pembelajaran untuk menggapai hasil yang lebih baik. Karena itulah jangan sampai kita memilih prodi dengan pertimbangan banyak peminatnya dan kita berpikir pasti dengan banyak peminatnya lowongan pekerjaan nantinya akan banyak juga, jangan sampai seperti itu.

2. Cari Potensi Anda
Hati nurani pasti akan berhubungan dengan potensi yang kita miliki. Ambil contoh Anda suka hitung-hitungan pastinya Anda akan mempertimbangan beberapa prodi yang terkait dengan hitung-hitungan misalnya, Matematika, Teknik Kimia, Teknik Elektro, dll. Setelah Anda mengetahui potensi Anda apakah pandai di bidang perhitungan, lokika, analisa, manajemen, dsb, maka arahnya dan kelompokkan prodi yang berkaitan dengan itu. Setelah itu pilihlah sesuai dengan hati nurani Anda. Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Istafti qalbak, mintalah fatwa pada hatimu”

Nabi saja menyarankan kita untuk mengikuti apa kata hati kita, karena petunjuk Allah dapat kita rasakan melalui hati kita yang ikhlas dan tenang.


Oke, mungkin 2 hal itu yang dapat saya share ke teman-teman, Insya Allah kalau kita niat dengan hati yang tenang dan ikhlas semua akan berujung pada kesuksesan. Semoga berhasil mendapatkan prodi dan universitas impian Anda. J

Ilustration by www.igcomputer.com

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungan dan Komentar Anda