Menjaga Mulut dan Gigi untuk Kesehatan Kita

Menjaga+Mulut+Gigi
Untuk masuk ke dalam suatu ruangan pastinya orang akan melewati pintu. Apa yang terjadi di ruangan itu pastinya tergantung pada siapa saja yang masuk ke ruangan itu. Analogi ini saya gunakan untuk menggambarkan bahwa kondisi suatu ruangan atau system akan banyak dipengaruhi oleh siapa yang masuk ke dalam dan otomatis orang itu akan mempengaruhi dan menguasahi seisi ruangan itu. Analogi lainnya adalah system computer. Komputer ini sangat canggih sehingga diperlukan password untuk memasuki sistemnya. Tidak semua orang bisa mengakses computer ini, hanyalah orang-orang tertentu yang diperbolehkan. Hal ini disebabkan dengan kecanggihan computer ini dikhawatirkan jika yang mengunakan computer ini adalah orang jahat, maka bisa dibayangkan apa yang akan ditimbulkan dari operasi computer oleh orang yang tidak bertanggung jawab tersebut. 
Dari uraian panjang di atas, saya ingin berbicara bahwa kesehatan erat kaitannya dengan menjaga kondisi mulut kita. Kenapa? Tentu saja karena akses masuk ke dalam perut melewati mulut. Jika apa yang kita makan merupakan makanan yang menyehatkan sudah barang tentu hasil dari proses metabolism didalam tubuh kita akan memberikan sesuatu yang menyehatkan tubuh kita. Maka saya sangat menyarankan kepada pembaca semua agar selalu menjaga makanan yang akan masuk kedalam tubuh kita.

Oke di dalam mulut tentu saja ada gigi. Gigi ternyata sangat berperan penting dalam kesehatan manusia. Boleh dibilang gigi dapat digunakan sebagai indicator kesehatan. Dikutip dari dalam liputan 6 dalam artikelkesehatan99.com menyatakan bahwa terdapat hubungan antara kesehatan gigi dan ancaman beberapa penyakit serius, antara lain:

Stroke dan penyakit jantung
Beberapa penelitian telah menunjukkan jika peradangan atau adanya bakteri di mulut dan gusi dapat terhubung dengan aliran darah. Hal ini akan menyebabkan penebalan arteri serta dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Adapun plak lemak yang terbangun di dalam dapat membuat pembuluh pecah sampai ke otak dan menyebabkan stroke.

Sebuah penelitian baru yang diterbitkan pada British Journal meneliti data sebanyak 11.000 orang dewasa. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang jarang menyikat gigi memiliki peningkatan risiko penyakit jantung sebanyak 70 persen dibandingkan dengan mereka yang rajin sikat gigi dua kali sehari.

Diabetes
Dokter sudah lama mengetahui jika penderita diabetes tipe 2 juga mengalami peningkatan risiko terhadap penyakit yang berhubungan dengan gigi (periodental). Namun ternyata, mereka menemukan bahwa mencegah infeksi gusi adalah langkah awal untuk mencegah penyakit diabetes. Sebuah penelitian baru dari Columbia University yang melibatkan lebih dari 9000 peserta non-diabetes selama 20 tahun, menemukan bahwa mereka yang mempunyai penyakit periodental yang lebih tinggi, bersiko 2 kali terkena diabetes tipe 2 jika dibandingkan dengan mereka yang tingkat penyakit periodentalnya lebih rendah atau bahkan tidak mengalami infeksi gusi.

Ada pendapat yang mengatakan jika infeksi mulut serius dapat menyebabkan peradangan tingkat rendah pada tubuh. Peradangan ini dapat mengganggu tubuh dalam memproses gula.

Infeksi pernapasan
Sebuah studi baru yang dipublikasikan di Journal of Periodontology menunjukkan bahwa menjaga mulut agar selalu bersih dan sehat dapat membantu melindungi paru-paru. Penelitian yang melibatkan 200 peserta berusia 20 hingga 60 tahun itu menemukan jika pasien yang mempunyai penyakit pernafasan seperti bronkitis akut, pneumonia, dan infeksi saluran pernapasan atas, mempunyai kualitas kesehatan periodental yang lebih buruk daripada mereka yang tidak mempunyai penyakit pernafasan. Hal ini dikarenakan adanya bakteri dari penyakit periodental yang ada pada tenggorokan bagian atas, yang kemudian akan mudah terhirup ke bagian saluran pernafasan bagian bawah. Hal tersebut dapat mengganggu pernafasan dan bahkan bisa berkembang menjadi masalah paru-paru yang serius.

Itulah ancaman penyakit yang bisa ditimbulkan dari masalah kesehatan gigi. Jadi semoga dengan artikel dan informasi diatas kita semua bisa menjaga makanan yang masuk ke dalam mulut kita dan selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi kita. Jangan lupa selalu menggosok gigi sebelum tidur malam agar kondisi kita selalu sehat.


Gambar: doktergigiweb.blogspot.com



1 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungan dan Komentar Anda