Tips Mendapatkan Pekerjaan Idaman

Bekerja di tempat yang kita inginkan pastinya sangat menyenangkan. Tidak hanya membuat kita bangga, tetapi orang tua pun menjadi bangga sebab dapat melihat anaknya telah berhasil mendapatkan apa yang dicita-citakannya. Kali ini saya mencoba memberikan apa saja yang sebenarnya harus kita persiapkan agar impian kita terutama dibidang pekerjaan dan karir sesuai dengan harapan dan cita-cita kita. 


Mendapatkan+Pekerjaan+Idaman
photo by
365daysofinspirationbycatkozuch.blogspot.com
Berikut beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk mendapatkan pekerjaan idaman kita berdasarkan pendapat pribadi saya.

1. Persiapkan diri Anda Mendapatkan Pekerjaan Idaman
Maksud saya disini adalah untuk mendapatkan pekerjaan idaman apa background pendidikan Anda atau keterampilan yang Anda miliki. Dengan memiliki pendidikan atau keterampilan tertentu tentunya Anda akan semakin percaya diri menghadapi seleksi masuk tempat pekerjaan yang Anda impikan. Setelah pendidikan dan keterampilan siap, persiapkan diri Anda untuk menghadapi jenis test yang akan Anda hadapi. Jenis test yang sering dilakukan di beberapa instansi Indonesia antara lain; test potensial akademik, test bahasa Inggris (TOEFL atau TOEIC), dan test khusus yang berbeda antara satu instansi dengan yang lainnya. Oleh karena itu, sebelum memasuki dunia kerja atau saat masih menempuh pendidikan segera latih dan persiapkan diri Anda menghadapi test-test tersebut.

2. Latih Soft Skill dan Manajerial untuk Sukses Mendapatkan Pekerjaan
Cara mendapatkan pekerjaan idaman, tidak hanya pendidikan atau keterampilan yang kita miliki sebagai kekuatan kita. Tentunya kita perlu energi atau kekuatan tambahan untuk lebih kuat dalam menghadapi proses seleksi. Kekuatan yang saya pilih adalah kekuatan soft skill. Soft skill perlu kita latih dan prosesnya tentunya tidak mungkin kita dapatkan secara sempurna di bangku pendidikan formal. Oleh karena itu, kita membutuhkan suatu organisasi atau kepanitian yang positif untuk melatih soft skill kita. Bagaimana kita berbicara, bagaimana cara kita bergaul, bagaimana mengatur orang lain, dan sebagainya. Hal-hal tersebut perlu kita latih dengan mengikuti berbagai aktivitas sosial atau keorganisasian agar ketika  bekerja nanti kita tidak hanya “pandai” sesuai background pendidikan atau keterampilan kita, tapi bagaimana kepandaian (baca: ide dan gagasan) bisa kita jelaskan kepada orang lain. Tentunya saat menjelaskan kita harus tahu siapa yang menjadi lawan bicara kita dan bagaimana cara kita bicara dengan lawan bicara kita tersebut agar ide dan gagasan kita bisa diterima atau dipahami oleh orang lain. Dan hal-hal itu bisa kita peroleh apabila kita sering mengikuti berbagai kegiatan sosial positif sewaktu sekolah. Dengan perpaduan soft skill dan ilmu yang kita miliki diharapkan karir kita bisa semakin baik.

Sebagai contoh, dua orang yang memiliki ilmu yang sama tetapi satu orang memiliki cara menejerial lebih baik dari orang satunya, pastinya atasan kita secara objektif memilih orang yang tidak hanya memiliki ilmu yang baik tetapi juga softskill/menejerial yang baik.

3. Serahkan semua pada Allah dan Bersedekahlah!
Ini tips terakhir dari saya dalam mendapatkan pekerjaan idaman, yaitu serahkan semua urusan kepada Allah. Maksud saya, setelah 2 tips di atas telah kita jalani dengan penuh semangat dan sungguh-sungguh, maka selanjutnya berdoalah dengan sebaik-baiknya kepada Allah. Semua pekerjaan atau rizky itu yang memiliki adalah Allah, maka berbaik sangkalah kepada Allah. Mintalah semuanya hanya kepada-Nya, jangan sampai kita mengorbankan iman kita “hanya” untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Maksud saya dan sebelumnya saya minta maaf, ada seorang wanita yang kesehariannya ketika kuliah selalu menggunakan jilbab, tetapi entah kenapa saat dia melamar pekerjaan dia tidak mengenakan jilban. Apakah dia berpikiran bahwa jika melepas jilbab akan banyak dilirik instansi atau perusahaan dari pada mengenakan jilbab, saya juga tidak tahu. Dari cerita tersebut maksud saya selalu tingkatnya iman kita dan selalu berpegang teguh kepada Allah, ingat semua pekerjaan milik Allah!

Selanjutnya, sering-seringlah bersedekah. Karena dengan bersedekah, Allah akan menambah rizky kita, ini nyata dan Allah telah berjanji di dalam Al Quran-Nya yaitu surah Al Baqarah ayat 245, yang artinya:

“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan allah), maka allah melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-nya-lah kamu dikembalikan”

Sambil menunggu pengumuman hasil test pekerjaan kita, berlatihlah untuk ikhlas. Mengikhlaskan semuanya kepada-Nya dan terus berbaik sangka. Berbaik sangka disini kita harus yakin bahwa kita akan berhasil dan diterima. Dengan hati penuh keikhlasan bayangkan kita telah diterima oleh Allah di pekerjaan yang kita inginkan. Bayangkan seolah-olah kita telah bekerja di tempat tersebut. Sesuai dengan hukum the law of attraction, alam akan ikut berdoa untuk kita.

Sebagai contoh, pekerjaan yang kita inginkan adalah perencana eksplorasi minyak dan gas, maka bayangkan seolah-olah kita menjadi itu dengan cara tiap hari kita merencanakan konsep eksplorasi minyak dan gas dan bayangkan rumah kita adalah kantor minyak dan gas itu. Kalau perlu foto gedung kantor tersebut agar lebih nyata bayangan kita. Dengan cara ini alam bawah sadar kita ikut membantu kita dan Insya Allah impian kita semoga terwujud.

Alhamdulillah cukup sekian tips saya tentang mendapatkan pekerjaan idaman, semoga bisa menambah wawasan dan pembelajaran buat kita semua. Amin

Salam Smart

1 komentar:

,.,KISAH NYATA ,
Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya. Tapi setelah di bantu HABIB IDRUS hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi HABIB IDRUS. Untuk Konfirmasi Lebih Jelasnya: >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< .Semua petunjuk Beliau saya ikuti dan hanya Dalam waktu 2 hari, Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih HABIB IDRUS saya tidak akan melupakan jasa HABIB IDRUS. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH.(BUKAN PESUGIHAN ATAUPUN PENGGANDAAN UANG).

Reply

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungan dan Komentar Anda